Limit Fungsi

Hello teman sekalian, Selamat datang kembali di Blog gua
kali ini gua mau bahas tentang  LIMIT FUNGSI langsung aja pada pembahasan nya


KONSEP LIMIT FUNGSI
Limit diartikan
sebagai menuju suatu batas, sesuatu yang dekat namun tidak dapat dicapai. Dalam bahasa matematika, keadaan ini dapat disebut limit. Mengapa harus ada limit? limit menjelaskan suatu fungsi jika batas tertentu didekati. Mengapa harus didekati? karena suatu fungsi biasanya tidak terdefinisi pada titik-titik tertentu. Walaupun suatu fungsi seringkali tidak terdefinisi untuk titik tertentu, namun masih dapat dicari tahu berapa nilai yang didekati oleh fungsi tersebut apabila titik tertentu semakin didekati yaitu dengan limit.
Dalam bahasa matematika, limit dituliskan dengan:
apabila x mendekati a namun x tidak sama dengan a maka f(x) mendekati L. Pendekatan x ke a dapat dilihat dari dua sisi yaitu sisi kiri dan sisi kanan atau dengan kata lain x dapat mendekati dari arah kiri dan arah kanan sehingga menghasilkan limit kiri dan limit kanan.
Pengertian tentang limit di atas dapat diperoleh dengan melihat contoh berikut ini.
untuk nilai x yang mendekati
SIFAT-SIFAT LIMIT FUNGSI ALJABAR
Apabila n merupakan bilangan bulat positif, k konstanta, f dan g adalah fungsi yang mempunyai limit di c, maka sifat-sifat di bawah ini berlaku.
MENENTUKAN NILAI LIMIT FUNGSI ALJABAR
Ada 2 bentuk dalam menentukan limit fungsi aljabar yai BENTUK KEDUA
Bentuk kedua
Dalam hubungannya dengan bentuk limit yang pertama ada beberapa metode dalam menentukan nilai limit fungsi aljabar yaitu dengan cara substitusi dan cara pemfaktoran.

    Cara Substitusi

Cara substitusi ini langkahnya dengan mengganti peubah yang mendekati nilai tertentu dengan fungsi aljabarnya. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat dipahami.
Contoh 1:Tentukan nilai limit fungsi aljabar dari 

      Cara Pemfaktoran

Cara pemfaktoran digunakan apabila cara substitusi menghasilkan nilai limit yang tidak terdefinisikan seperti pada contoh berikut:
Cara pemfaktoran dilakukan dengan langkah menentukan faktor persekutuan antara pembilang dan penyebuntya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi dan grafik fungsi

Grafik turunan

Macam-macam Bilangan Bulat